Welcome to Fkip UMKendari

single
Hadirkan Tim Pengembang Kurikulum Direktorat Belmawa, FKIP UMK adakan Workshop Penyusunan RPS

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Kendari menggelar Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis Model Pembelajaran Studi Kasus dan Team Project Based Learning di Aula Lantai IV, Gedung E, UM Kendari, Sabtu (06/08/22). Kegiatan yang menghadirkan salah satu Tim Pengembang Kurikulum Pendidikan Tinggi Direktorat Belmawa Kemenrisetdikti Prof, Dr. H Edy Cahyono, M.Si, dilaksanakan secara langsung sejak pagi hingga sore hari, sejak pukul 08.30 -17.45 WITA dan dihadiri oleh seluruh dosen lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UM Kendari. Rangkaian materi yang dipaparkan dalam Workshop ini diantaranya mengenai pemaparan metode pembelajaran berbasis Studi Kasus dan berbasis Team Project Based Learning. Selain itu juga diberikan pendampingan kepada para dosen untuk Menyusun Rancangan Program Semester (RPS). Praktik cara menyusun RPS yang ditunjukkan melalui latihan langsung diikuti dengan penuh semangat oleh seluruh peserta. Hal ini terbukti dengan puluhan pertanyaan yang diajukan peserta guna mengonfirmasi pemahaman peserta atas penjelasan dari narasumber. Tidak hanya menyusun RPS saja, namun dalam workshop kali ini juga dijelaskan cara menyusun dokumen pelengkap yang harus disertakan dalam penyusunan RPS. Bagi RPS dengan metode pembelajaran berbasis kasus dokumen pelengkap yang harus disertakan dalam RPS antara lain Lembar Kegiatan Mahasiswa, form penilaian kinerja individu dalam kelompok, form penilaian presentasi hasil studi kasus kelompok, dan form evaluasi pembelajaran. Sementara untuk RPS dengan metode pembelajaran berbasis proyek wajib melampirkan dokumen pelengkap antara lain Lembar Kegiatan Mahasiswa, tahapan skenario pembelajaran, skala penilaian kegiatan mahasiwa dan form evaluasi pembelajaran. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Tri Indah Rusli, S.Pd., M.Pd berharap bahwa kegiatan workshop ini dapat diimplementasikan pada semester berikutnya untuk seluruh dosen di lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. “Bahwa produk dari workshop ini betul-betul dapat dilakukan pada perkuliahan semester gasal berikutnya, tidak hanya dosen tetap, tapi juga dosen tidak tetap. Hal ini merupakan Langkah strategis yang dilakukan untuk menjawab tantangan indikator kinerja utama perguruan tinggi poin 7 yaitu melaksanakan pembelajaran yang kolaboratif dan inovatif”, tuturnya.